Sebuah Pemaknaan Lagu Cinta Kita milik Slank oleh Habib Novel Alaydrus sebagai Seorang Muslim

  • Tazkia Anugraheni Perdana UIN Sunan Kalijaga

Abstrak

Abstrak. Perkembangan teknologi memunculkan wajah baru dalam metode dakwah. Penggunaan media sosial sebagai media dalam menyebarkan Islam gencar dilakukan. Seorang Da’I dituntut untuk menghadirkan konten yang berkualitas. Salah satunya adalah memahami sebuah lagu dengan mengambil nilai-nilai yang dapat diterapkan dalam kehidupan seorang Muslim. Lagu Cinta Kita merupakan lagu milik band Slank. Habib Novel mencoba untuk mehami lagu tersebut dan memberikan penjelasan bagaimana lagu tersebut diterapkan seorang Muslim. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Dengan sumber data utama berasal dari video ceramah berjudul Cinta Kita oleh Habib Novel. Pembahasan pada penelitian ini meliputi eksistensi Slank di Indonesia, dakwah Habaib di media sosial, serta bagaimana pemaknaan lagu Cinta Kita. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa lagu Cinta Kita tidak hanya berbicara tentang kisah kasih pasangan laki-laki dan perempuan. Namun, dapat diterapkan hubungan antar guru-murid, orang tua – anak, dan hubungan persahabatan. Dengan menerapkannya maka akan terjalin hubungan yang harmonis dan menciptakan Surga di dunia.

 

Referensi

Alaydrus, H. N. (2023a). Cinta Kita | Belajar dari SLANK. Youtube.
Alaydrus, H. N. (2023b). Habib Novel Ngaji Bareng SLANK. Youtube.
Balakrishnan, J., & Griffiths, M. D. (2017). Social media addiction: What is the role of content in YouTube? Journal of Behavioral Addictions, 6(3), 364–377. https://doi.org/10.1556/2006.6.2017.058
Chaniago, R. H., & Basri, F. K. H. (2021). BUDAYA POPULAR DAN KOMUNIKASI: IMPAK KUMPULAN SLANK TERHADAP SLANKERS DI INDONESIA. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 27(1), 91–100.
Chaniago, R. H., Yusuf, S., Mubin, N. N., & ... (2021). Analisis Semiotika Terhadap Peranan Bunda Iffet Sebagai Representasi Slank Dan Slanker Di Indonesia. Jurnal Sains Sosial …, 6(1), 86–96. http://kuim.edu.my/journal/index.php/JSS/article/view/878%0Ahttp://kuim.edu.my/journal/index.php/JSS/article/download/878/702
Husna, N. (2023). Login Di Close the Door : Dakwah Digital Habib Ja’Far Pada Generasi Z. Selasar KPI : Referensi Media Komunikasi Dan Dakwah, 3(1), 38–47. https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/selasar
Julia Escaño, Fox, I., Kutuchief, B., Prodanovic, K., & Kendall Walters, S. D. (2023). Social Media Trends 2023. https://www.hootsuite.com/
Mayfield, T. D. (2009). What is Social Media? NDU Press, 1–106. https://www.marketingoops.com/media-ads/social-media/what-is-social-media/
Nariswari, A. V. (2023, September 7). Polemik Panjang Kasus Oklin Fia: Tetap Dilaporkan Umi Pipik Meski Sudah Minta Maaf. Suara.Com.
Nasrullah, R. (2020). Metafora dalam Lirik Lagu Slank Bertemakan Kritik Sosial: Suatu Kajian Linguistik Kognitif. Jurnal Metabasa, 2, 38–50.
Nulis, J. (2023). Habib Ngaji Bareng Jamaah Al Nopekiyah. Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=cNwNhOVoApA
Ortiz Ospina, E. (2019). The rise of social media. OurWorldInData. https://ourworldindata.org/rise-of-social-media?ref=tms
Permana, A., Mawardi, H., & Kusdiana, A. (2018). Jaringan Habaib di Jawa Abad 20. Al-Tsaqafa: Jurnal Peradaban Islam, 15(02).
Pulungan, S. (2019). Sejarah Peradaban Islam di Indonesia. Amzah.
Purba, K. R., Asirvatham, D., & Murugesan, R. K. (2021). Instagram post popularity trend analysis and prediction using hashtag, image assessment, and user history features. International Arab Journal of Information Technology, 18(1), 85–94. https://doi.org/10.34028/iajit/18/1/10
Pusat Data dan Analisa Tempo. (2021). Metamorfosis Slank. Tempo Publishing.
Pusat Data dan Analisa Tempo. (2022). Berbagai Kasus yang Terjadi di Media Sosial. Tempo Publishing.
Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika, 01(01), 18–29.
Riandi, A. P. (2021, September 1). Kenang Masa Kelam Terjerat Narkoba, Kaka dan Bimbim Slank: Sebanyak-banyaknya Uang Habis. Kompas. https://www.kompas.com/hype/read/2021/09/01/210042266/kenang-masa-kelam-terjerat-narkoba-kaka-dan-bimbim-slank-sebanyak-banyaknya
Sari, D. N., & Basit, A. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi. Persepsi: Communication Journal, 3(1), 23–36. https://doi.org/10.30596/persepsi.v3i1.4428
Shengjie, J. (2020). Tiktok Analysis. Journal of Frontiers of Society, Science and Technology, 1(1), 8–12. https://doi.org/10.23977/jfsst.2021.01010
Silaban, S. I., Dida, S., & Perbawasari, S. (2019). Personal Branding Yulia Baltschun sebagai Diet Influencer melalui Youtube. Jurnal Komunikasi Universitas Garut, 5(2), 357–371.
Solikhin, N. (2022). Para Habib Terkemuka di Indonesia. DIVA Press.
Sugiwardana, R. (2014). PEMAKNAAN REALITAS SERTA BENTUK KRITIK SOSIAL DALAM LIRIK LAGU SLANK Ridwan. Skriptorium, 2(2), 3–6. www.slank.com
Umar, N. (2019). Islam Nusantara: Jalan Panjang Moderasi Beragama di Indonesia. PT. Elex Media Komputindo.
Zahra Salsabila, & Cinta Dwi Chayani. (2023). Gaya Komunikasi Islam dan Isi Pesan Dakwah Habib Novel Alaydrus Pada Channel Youtube yang Berjudul Perbaiki Shalatmu Menjadi Baik Hidupmu. Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 4(01), 1–6. https://doi.org/10.24239/nosipakabelo.v4i01.1988
Zaid, B., Fedtke, J., Shin, D. D., El Kadoussi, A., & Ibahrine, M. (2022). Digital Islam and Muslim Millennials: How Social Media Influencers Reimagine Religious Authority and Islamic Practices. Religions, 13(4). https://doi.org/10.3390/rel13040335
Diterbitkan
2023-11-04
Bagian
Articles