Peran Guru Sebagai Seorang Pendidik Disekolah

  • Tegar Muhammad Nur Tegar Universitas Islam As-syafi'iyah

Abstract

Pendidikan bisa diraih dengan berbagai macam cara salah satunya pendidikan di sekolah. Sebuah pendidikan mempunyai tiga komponen utama yaitu guru,siswa dan kurikulum. Ketiga komponen tersebut tidak dapat dipisahkan dan komponen-komponen tersebut berada di lingkungan sekolah agar proses kegiatan belajar mengajar dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Penulisan ini dilatarbelakangi oleh adanya kurangnya pemahaman pada pembelajaran anak dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya yaitu kurangnya peran guru dalam proses pembelajaran di sekolah dapat menyebabkan pemahaman anak berkurang khususnya pada anak sekolah. Keberadaan seorang guru berperan penting dalam lingkungan masyarakat baik di sekolah maupun masyarakat. Guru dituntut untuk memiliki kepribadian dan perilaku yang patut diteladani dalam kehidupan sosial di masyarakat. Kedudukan seorang guru, menuntut untuk professional dalam mendidik dan berperilaku tidak hanya berkaitan dengan tugasnya dalam proses pembelajaran tetapi juga tugasnya di masyarakat. Adapun tujuan penelitian yaitu agar mengetahui bagaimana peran guru di sekolah dan masyarakat serta hambatan peran guru. Fokus penelisan ini adalah bagaimana peran guru di sekolah dalam menjalankan peran guru di sekolah. Pendidikan merupakan salah satu hal yang paling penting untuk mempersiapkan kesuksesan masa depan pada zaman globalisasi. Peran guru di sekolah sangat diperlukan karena anak sekolah dasar masih kurangnya daya tangkap merreka terhadap sesuatu yang mereka lihat dan mereka dengar. Dengan adanya fenomena tersebut maka dilakukan penulisan yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam pembelajaran di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-19
How to Cite
Tegar, T. (2023). Peran Guru Sebagai Seorang Pendidik Disekolah. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 8(2), 117-127. https://doi.org/10.33507/ar-rihlah.v8i2.1769
Section
Articles