IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL ISTIQOMAH KEBUMEN
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis manajemen pembelajaran kooperatif di Pondok Pesantren Al Istiqomah Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data diperoleh dari observasi dan wawancara secara mendalam. Penelitian dilaksanakan di Pondol Pesantren Al Istiqomah, Tanjungsari, Petanahan, Kebumen. Subjek penelitian ini yaitu peserta kursus atau pelanggan Kampung Arab Kebumen. Data dianalisis melalui analisis interaktif. Urutan tahapannya yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian menemukan hasil bahwa implementasi pembelajaran kooperatif di Kampung Arab Kebumen telah berlangsung baik dengan menekankan para peserta untuk berbicara dengan konsep biʻah lughawiyah atau lingkungan bahasa Arab dan metode langsung aṭ-Ṭarῑqah al-Mubāsyarah yang dipadukan dengan unsur-unsur budaya dan sosiolinguistik agar mampu beradaptasi dengan tutur bahasa Arab.
References
Azis, S. A., Herdah, H., & Jufri, M. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Mahasiswa Program Studi Bahasa Arab STAIN Parepare (Studi Pengembangan Pembelajaran Mata Kuliah Serumpun). KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan, 9(1), 81-102.
Maesaroh, N., & Achdiani, Y. (2017). Tugas Dan Fungsi Pesantren Di Era Modern. Sosietas, 7(1), 346-352.
Mufidah, N., & Rohima, I. I. (2020). Pengajaran Kosa Kata Untuk Mahasiswa Kelas Intensif Bahasa Arab: Vocabulary Teaching for Arabic Intensive Class. Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(1), 13-24.
Nasrudin, M., Harun, H., Salim, A., & Dimyati, A. (2021). Strategi Epistimologis Implementasi Pendidikan Holistik Pada Pondok Pesantren. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 11(1), 69-84.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Rakhmawati, T., Fatmaryanti, S. D., & Akhdinirwanto, R. W. (2012). Penggunaan model pembelajaran Scramble untuk peningkatan motivasi belajar IPA (fisika) pada siswa SMP Negeri 16 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 1(1), 8-11.
Rochimah, D. C., Hanief, M., & Dina, L. N. A. B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Mufrodat Bahasa Arab Pada Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kota Malang. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 74-81.
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88-97.
Tambak, S. (2017). Metode Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(1), 1-17.
Copyright (c) 2020 Imam Satibi, Muna Fauziah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
Komunika by http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/An-Nidzam/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).