MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEWUJUDKAN GENERASI MUDA YANG BERAKHLAKUL KARIMAH DI MI GUPPI AT-TAQWA KETOSARI, BENER, PURWOREJO

  • Eliyanto . IAINU Kebumen
  • Siti Sulaimah MI Guppi At-Taqwa Ketosari
  • Dian Inugrah Wijayanti MTs Negeri 8 Kebumen
Keywords: Manajemen, Pendidikan Karakter, Akhlakul Karimah.

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pentingnya manajemen pendidikan karakter dalam mewujudkan generasi muda yang berakhlakul karimah. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Generasi Muda yang Berakhlakul Karimah di MI GUPPI AT-TAQWA Ketosari Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan keabsahan data menggunakan triangulasi, dan teknik analisis data meliputi pegumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan lima kesimpulan: (1) Penanaman nilai-nilai dan moralitas di MI GUPPI AT-TAQWA Ketosari Bener Purworejo sesuai dengan visi, misi madrasah, dimana kepala madrasah bertanggung jawab dalam merencanakan pendidikan karakter. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan di MI Guppi Attaqwa Ketosari Bener Purworejo meliputi: (a) karakter relegius, (b) karakter kejujuran, (c) karakter kerja keras, (d) karakter cerdas, (e) karakter peduli. (2) Pemodelan nilai-nilai dan moralitas di MI GUPPI AT-TAQWA Ketosari Bener Purworejo dilaksanakan secara bermacam-macam sesuai dengan gaya guru masing-masing, tetapi tujuanya tetap sama yaitu membentuk karakter peserta didik yang baik. Diantara pemodelan nilai-nilai dan moralitas yang diterapkan di MI GUPPI AT-TAQWA Ketosari yaitu memberikan contoh yang baik pada peserta didik, melalui pendekatan komprehensif yaitu cara untuk mengatasi suatu masalah. (3) Memfasilitasi nilai-nilai dan moralitas yang dilakukan di MI GUPPI AT-TAQWA Ketosari Bener Purworejo meliputi kegiatan meningkatkan hubungan pendidik dengan peserta didik, memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengemukakan pendapat, memberikan motivasi kepada peserta didik. (4) Ketrampilan untuk pengembangan nila dan leterasi moral di MI GUPPI AT-TAQWA Ketosari Bener Purworejo yaitu: (a) keterampilan berpikir kritis, (b) keterampilan berpikir kreatif, (c) keterampilan berkomunikasi secara jelas, (d) keterampilan menyimak. (5) Mengembangkan program pendidikan nilai di MI GUPPI AT-TAQWA Ketosari Bener Purworejo yaitu melalui kegiatan pembiasaan yang dilaksanakan dalam kegiatan sehari-hari, bulanan, maupun tahunan. Diantara kegiatan tersebut adalah salat berjamaah, salat dhuha, hafalan surah-surah pendek, hafalan asmaul husan, hafalan tahlil, tahlilan, tadarus, ziarah kubur, menyantuni anak yatim, membagikan sembako pada fakir miskin, dan masih banyak lagi kegitan-kegiatan lainnya.
Published
2021-01-05
How to Cite
., E., Sulaimah, S., & Wijayanti, D. (2021). MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEWUJUDKAN GENERASI MUDA YANG BERAKHLAKUL KARIMAH DI MI GUPPI AT-TAQWA KETOSARI, BENER, PURWOREJO. IBTIDA- Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 1(1), 1-23. https://doi.org/10.33507/ibtida.v1i1.191
Section
Articles