KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG KARANGDUWUR, AYAH, KEBUMEN

  • Ngaziz , MI Sultan Agung Karangduwur, Ayah, Kebumen

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan kinerja guru yang belum memuaskan. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Sultan Agung Karangduwur Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan keabsahan data menggunakan triangulasi, dan teknik analisis data meliputi pegumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut. (1) Kepala MI Sultan Agung Karangduwur, Ayah, Kebumen memiliki dan melaksanakan Idealized influence. Perilaku kepala madrasah dapat dijadikan contoh bagi warga madrasah. Dalam kesehariannya, kepala madrasah dapat memberikan motivasi dan rasa percaya diri kepada bawahannya. Kepala madrasah mampu memberikan empati kepada bawahannya. (2) Kepala MI Sultan Agung Karangduwur, Ayah, Kebumen memiliki dan melaksanakan Inspirational influence. Perilaku kepala madrasah mampu memotivasi dan menginspirasi bawahannya untuk terus membawa kemajuan madrasah. Kepala madrasah selalu memberikan tantangan pekerjaan baru. Kepala madrasah mampu menjadi pelopor kebaikan bagi warga madrasah. (3) Kepala MI Sultan Agung Karangduwur, Ayah, Kebumen memiliki dan melaksanakan Intellectual stimulation. Perilaku kepala madrasah didasarkan pada ilmu pengetahuan, yang mampu melakukan inovasi-inovasi untuk meningkatkan mutu madrasah. Kepala madrasah selalu mengikuti perubahan dengan berperilaku produktif. Kepala madarasah mampu menggali ide-ide baru dan solusi yang kreatif dari para bawahannya. (4) Kepala MI Sultan Agung Karangduwur, Ayah, Kebumen memiliki dan melaksanakan Individualized consideration. Kepala madrasah selalu mengidentifikasi kebutuhan bawahannya dan mengenali kemampuan para bawahannya. Kepala madrasah membangkitkan semangat belajar dan memberikan kesempatan bawahannya untuk mengembangkan kemampuannya. Kepala madrasah juga mendengarkan keluhan bawahan dan mendelegasikan sebagian wewenangnya kepada bawahannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-20
How to Cite
, N. (2019). KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG KARANGDUWUR, AYAH, KEBUMEN. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 4(2), 164-180. Retrieved from https://www.ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/Ar-rihlah/article/view/143
Section
Articles